10 Fakta Quique Setien, Pelatih Anyar Barcelona Pengganti Valverde

10 Fakta Quique Setien, Pelatih Anyar Barcelona Pengganti Valverde

5mg20mgcialis.net, Barcelona – Quique Setien resmi diangkat sebagai pelatih anyar Barcelona. Ia menggantikan peran Ernesto Valverde, yang dipecat oleh manajemen Blaugrana.

Setien adalah pelatih kelahiran Santander 61 tahun itu terakhir menjabat sebagai pelatih Real Betis. Kontraknya tak diteruskan setelah melatih selama dua tahun.

Meski kurang terkenal, Setien memiliki pengalaman segudang sebagai pemain dan pelatih. Ia juga dikenal dengan gaya bermain mirip Barcelona, yakni penguasaan bola, sepak bola menyerang, dan permainan atraktif.

Pada saat masih aktif bermain, Setien berperan sebagai gelandang. Racing Santander menjadi klub paling lama ia bela, yakni 12 musim dalam rentang dua periode yang berbeda.

Setien juga pernah bermain untuk Atletico Madrid. Prestasi terbaiknya adalah membawa Los Rojiblancos memenangi Piala Super Spanyol.

Sebagai pelatih, Setien berpengalaman menjadi arsitek Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan musim lalu, Real Betis. Kini ia akan melanjutkan petualangannya sebagai pelatih Barcelona.

Quique Setien dikontrak selama 2,5 tahun. Itu artinya, ia akan melatih Barcelona hingga akhir musim 2021-2022.

1. Quique Setien memulai kariernya sebagai atlet sepak bola pantai. Ia bahkan berhasil mengecap seragam Timnas Sepak Bola Pantai Spanyol.

2. Suporter Racing Santander menyebutnya dengan julukan El Maestro. Ia adalah idola klub karena bermain di sana sebanyak 12 musim. Hebatnya, ketika melatih Racing Santander pada 2001/2002, Setien sukses membawa tim tersebut promosi ke La Liga.

3. Setien adalah pelatih Cantabrian ketiga di Barcelona setelah Enrique Orizaola dan Laureano Ruiz. Cantabria adalah sebuah daerah otonomi di utara Spanyol yang terkenal dengan bibir pantai yang panjang nan indah dan tempat rekreasi untuk hiking pada musim panas serta ski pada musim dingin.

Baca Juga : Jonatan Christie masih berharap bisa bukukan gelar juara Super 500

4. Setien 22 kali menghadapi Barcelona sebagai pemain dengan catatan lima menang, lima imbang, dan 12 kalah. Sementara sebagai pelatih, ia bersua Barcelona tujuh kali dengan sekali menang dan tujuh kali kalah.

5. Menariknya, kemenangan Setien sebagai pelatih terjadi musim lalu di Camp Nou.

6. Setien adalah pelatih ke-60 sepanjang sejarah Barcelona.

7. Pernah mendapatkan jersey dari Sergio Busquets. Pada jersey-nya, Busquets menuliskan, “Untuk Quique, dengan cinta dan kekaguman saya kepada Anda atas cara Anda melihat sepak bola. Terbaik!”.

8. Sebelum melatih Barcelona, Setien pernah melatih delapan mantan pemain Barca dan yang masih menjadi pemain Barcelona, yakni Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic, Kevin-Prince Boateng, dan Junior Firpo.

9. Setien pernah meminta Lionel Messi agar tidak pensiun dari sepak bola sebelum dirinya meninggal.

10. Selain sepak bola pantai, Setien juga andal dalam bermain catur. Ia pernah menghadapi mantan pecatur nomor satu dunia, Anatoli Karpov dan Gary Kasparov.