Hasil GP Amerika, Marquez tumbang, Rins juara baru di Austin

5mg20mgcialis.net – Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins memenangkan GP Amerika Serikat serta mematahkan dominasi Marc Marquez (Repsol Honda) di Circuit Americas, Austin, Texas, pada Minggu waktu ditempat.

Pembalap asal Spanyol itu finish paling depan di balapan selama 20 lap itu dengan beda 0,462 detik dari Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di runner-up, demikian situs sah MotoGP pada Senin pagi.

Kemenangan itu ialah yang pertama-tama buat Rins di kelas MotoGP serta yang pertama juga buat Suzuki semenjak GP Inggris 2016. Rins awal mulanya sempat memenangkan GP Amerika Serikat di Austin di kelas Moto2 pada 2015 serta di Moto3 pada 2013.

“Saya ketahui Valentino mempunyai banyak pengalaman di sini… serta saya super suka, Suzuki patut terima kemenangan ini, kami bersama dengan patut menerimanya,” papar Rins dalam session jumpa wartawan paska lomba.

Balapan hari itu menyediakan drama pada saat Marquez tidak berhasil cetak rekor tujuh kemenangan beruntun di Austin sesudah terjatuh di Tikungan 12. Pembalap asal Spanyol itu, yang mencapai pole position ke-7 kalinya di Austin coba seringkali menyalakan motornya serta terjatuh kembali hingga tidak dapat meneruskan lomba saat balapan masih tetap tersisa 12 putaran.

Awal mulanya Cal Crutchlow, yang memulai balapan dari P3, pun terjatuh di Tikungan 11 pada lap ke lima saat melekat ketat di belakang Rossi.

Rekanan satu team Rossi, Maverick Vinales kurang mujur sesudah memperoleh penalti ride through sebab lakukan jump start. Pembalap rookie Suzuki Ecstar Joan Mir pun diganjar hukuman yang sama. Akan tetapi Vinales dapat finish P11 sedang Mir finish di P17.

Sesudah kejadian jatuhnya Marquez, Rossi pimpin balapan dengan Rins yang membayangi di belakangnya.

Baca Juga : McGregor mengungkapkan 1 hal yang tertinggal setelah dikalahkan oleh Khabib

Peristiwa buat Rins hadir di empat lap paling akhir saat ia dapat mendahului Rossi, yang mulai kehilangan traksi dari gabungan ban medium depan serta medium belakangnya. Rossi sudah sempat berusaha untuk mendahului Rins dari dalam di Tikungan 11 tapi masih tetap melebar.

Persaingan perebutan titel juara belum selesai. Di lap paling akhir, pembalap berumur 40 tahun asal Italia itu coba memberikan desakan tetapi Rins keluar di tikungan paling akhir dengan prima untuk tutup balapan seri ke-3 musim ini dengan style serta persembahkan trofi juara pertama buat Suzuki.

Rossi juga mesti melapangkan dada selesai usaha mencetak kemenangan pertamanya semenjak GP Belanda 2017 pupus ditangan Rins.

“Rasa-rasanya campur aduk. Di satu bagian disayangkan sebab telah lama sekali semenjak akhir kali saya juara serta ini hari ialah peluang yang bagus,” kata Rossi.

“Tetapi di lain sisi saya suka sebab ini balapan yang hebat. Saya tampil kuat diakhir minggu juga minggu awal mulanya di Argentina. Dua puluh point ini penting untuk (pertarungan) di kejuaraan yang masih tetap terbuka, bertambah beberapa hal positif daripada yang negatif.”

Tribune ke-3 dicapai oleh pembalap Pramac Ducati Jack Miller dibarengi oleh Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang tampil cemerlang merampas P4 sesudah start dari tempat ke-13.

Dua pembalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli serta Fabio Quartararo finish P5 serta P7 dipisahkan oleh Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) di P6.

“Morbidelli ada di belakangku dengan beda lima detik saat itu, saya coba untuk mengawasi jarak. Lantas saya lihat Dovi di muka tetapi tidak lama ia turun secara cepat. Jantung saya mulai berdegup lebih kencang saat itu,” kata Miller.

Pembalap Australia itu mengepak penambahan 16 point untuk naik dua rangking ke rangking 6.

Pol Espargaro yang cukuplah berkelanjutan dengan motor KTM-nya saat latihan serta kwalifikasi mesti senang di P8, dibarengi oleh Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) serta Takaaki Nagagami (LCR Honda) yang lengkapi rangking 10 besar.

Dengan hasil itu, Dovizioso kembali memuncaki klassemen pembalap sesaat dengan 54 point, terpaut tiga angka dari Rossi, yang mencapai runner-up balapan untuk ke-2 kalinya beruntun musim ini.